Tuesday, August 24, 2010

Calon Penulis

Beberapa hari ini pikiran saya selalu dipenuhi hasrat untuk menulis. Hanya saja saya tidak tahu apa yang harus ditulis, mekipun dalam benak saya telah banyak tema yang ingin saya jadikan bahan untuk tulisan saya.  Namun begitu kembali ke laptop, semua pikiran saya buyar hilang entah kemana seperti asap. Sampai saya memutuskan untuk mencari referensi agar saya tidak sembarangan dalam menulis.
Dari kemarin sampai hari ini saya terus mencari referensi untuk mengembangkan pengetahuan tentang bagaimana menulis yang baik dan benar serta apa yang dapat dijadikan sebuah tulisan. Kemarin saya bersedia berlama-lama di toko buku Gramedia hanya untuk mencari buku tentang jurnalistik atau buku tentang tulis menulis. Setelah lama mencari namun tidak juga ketemu, akhirnya saya memutuskan untuk bertanya kepada para SPG yg bekerja di toko buku tersebut yang ternyata juga tidak mengetahui dimana letak buku-buku yang saya cari tersebut. Saya tidak patah semangat, saya pun memutuskan untuk mencari sendiri lagi buku-buku yang tega membuat saya mondar mandir untuk sekedar menemukan mereka ini. Dan Alhamdulillah akhirnya ketemu juga sebuah buku yang menarik minat saya untuk membacanya, sebuah buku karangan EKA BUDIANTA. Seorang bekas wartawan TEMPO dan juga bekas seorang penyiar radio BBC. Hanya kata hebat yang ada dalam pikiran saya hari itu. Seorang warga Indonesia bisa menjadi penyiar radio BBC, sungguh bisa di jadikan suri tauladan pikir saya. Dan tanpa pikir panjang perjuangan saya yang berlama lama di toko buku tersebut pun terbayar lunas dengan membeli sebuah buku berjudul Senyum Untuk Calon Penulis. He…..
Dan dari tadi pagi hingga siang, pencarian referensi saya pun belumlah usai. Dikantor dengan menggunakan internet gratis, saya langsung menuju ke situs www.kickandy.com yang pernah saya buka dimalam sebelumnya, dimana dalam situs tersebut di bagian Andy’s Corner terdapat banyak karya dari Bang Andy F. Noya and friends. Maka dengan memohon maaf kepada sang penulis, karya tersebut saya copy ke dalam flashdisk (^_^). Dan sesampainya dirumah sore hari, tulisan-tulisan dari bang Andy and friends saya jadikan bahan bacaan untuk bisa mencuri atau lebih tepatnya untuk mengetahui gaya bahasa serta gaya penulisan dari mereka. Siapa tahu dengan mengikuti gaya penulisan serta gaya bahasa mereka nasib saya juga bisa seperti mereka…hehehe..Amin.
Dan setelah membaca sedikit dari sekian banyak hasil tulisan dari orang2 yang saya sebut diatas, saya jadi paham bahwa tidak semua yang ingin kita jadikan bahan tulisan adalah hal-hal yang “berat” dan yang “berisi” melulu. Bisa juga hal-hal kecil yang mungkin kita anggap tidak bisa di jadikan bahan penulisan ternyata bisa juga di jadikan sebuah karya serta tidak harus melulu dengan penggunaan bahasa-bahasa yang seperti biasa di pakai oleh angota-anggota dewan di gedung Parlemen nun jauh disana.  Seperti tulisan ini contohnya (^_^).
Saya berharap dalam hati, dengan saya membaca hasil tulisan-tulisan dari orang yang bukunya saya beli serta dari hasil copyan yang ada pada Andy’s Corner dapat membuat pikiran ini lebih tajam dan peka terhadap setiap hal-hal kecil maupun besar sehingga saya dapat lebih aktif lagi menulis. Karena saya ingin menjadi seperti mereka semua. Saya percaya suatu waktu nanti, jika kita melakukan suatu hal dengan sungguh-sungguh maka akan ada hasil untuk setiap jerih payah yang telah kita keluarkan. Bukankah begitu Teman?? Mudah-mudahan….

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar